Tari Perang

21.41 Lailatul yulia 0 Comments



Pengertian Tari Perang
Apakah tari perang itu?
Tari perang adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Papua barat. Tarian ini menggambarkan jiwa kepahlawanan dan kegagahan masyarakat Papua. Biasanya tarian ini dibawakan oleh para penari pria dengan berpakaian adat dan membawa panah sebagai atribut menarinya. Tarian ini sering ditampilkan, baik acara adat, hiburan, maupun budaya. 

Sejarah Tari Perang
Konon,tari perang dulunya oleh masyarakat Papua Barat sebelum menuju medan perang. Menurut catatan sejarah, Di Papua dahulu sering terjadi perang antar suku. Tarian ini kemudian dilakukan setiap suku untuk memberikan semangat. Namun, sering dengan sudah tidak adanya perang antar suku, tarian ini kemudian difungsikan sebagai tarian pertujukkan atau tarian penyambutan.

Makna Tari Perang
Tari perang ini menggambarkan menggambarkan keberanian, kegagahan, dan jiwa kepahlawanan masyarakat Papua.

Pertunjukkan Tari Perang
Tari Perang biasanya dibawakan oleh para penari pria secara berkelompok. Jumlah penarinya biasanya 7 orang. Para penari menari dengan menggunakan baju tradisional dan membawa panah sebagai atributnya. Dengan diiringi suara gendang dan lantunan suara perang. Para penari menari dengan gerakan yang energik dan penuh semangat layaknya prajurit yang akan menuju medan perang.
Kostum Tari Perang
  • Rok yang terbuat dari akar dan daun-daun yang dipasang dipinggang para penari
  • Ikat kepala
  • Aksesoris(kalung, gelang)
sumber: http://www.negerikuindonesia.com/2015/11/tari-perang-tarian-tradisional-dari.html


You Might Also Like

0 komentar: