Pengertian Tari Tradisional

19.17 Lailatul yulia 3 Comments

Apa pengertian tari tradisional? Tari tradisional adalah suatu tarian yang pada dasarnya berkembang di suatu daerah tertentu yang berpedoman luas dan berpijak pada adaptasi kebiasaan secara turun temurun yang dipeluk/dianut oleh masyarakat yang memiliki tari tersebut.

Dari referensi lainnya disebutkan juga mengenai pengertian tari tradisional.  Tari tradisional adalah suatu tarian yang berasal dari masyarakat daerah tersebut yang sudah turun temurun dan menjadi budaya masyarakat tersebut.


Berdasarkan koreografinya, tari tradisional dibagi menjadi 3, yaitu:

  1. tari klasik yaitu merupakan tari tradisional yang lahir di lingkungan keraton, hidup dan berkembang sejak zaman feodal, dan diturunkan secara turun temurun di kalangan bangsawan.Tari klasik ini pada umumnya memiliki beberapa ciri khas antara lain :

    • Berpedoman pada pakem tertentu (ada standarisasi)
    • Memiliki nilai estetis yang tinggi dan makna yang dalam
    • Disajikan dalam penampilan yang serba mewah mulai dari gerak, riasan, hingga kostum yang dikenakan. 
    Contoh tari klasik: 
    Contoh tari klasik Bedhaya Babar Layar - Gambar : http://budaya-indonesia.org

  2. Tari Rakyat yaitu merupakan jenis tari tradisional yang lahir dari kebudayaan masyarakat lokal, hidup dan berkembang sejak zaman primitif, dan diturunkan secara turun temurun sampai sekarang.

    Tari rakyat atau juga dikenal dengan sebutan tari folklasik umumnya memiliki beberapa ciri khas yang merupakan kebalikan dari tari klasik, yaitu antara lain
    • Kental dengan nuansa sosial
    • Merujuk pada adat dan kebiasaan masyarakat
    • Memiliki gerak, rias, dan kostum yang sederhana.  
  3.  Tari Kreasi Baru yaitu merupakan tari klasik yang diaransemen dan dikembangkan sesuai perkembangan zaman, namun tetap mempertahankan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Tari kreasi baru umumnya diciptakan oleh para pakar tar.
      
sumber: http://www.sakuilmu.net/2016/02/pengertian-tari-tari-tradisional-tari.html

You Might Also Like

3 komentar: